Sunday, August 31, 2014

[Wisata Buku] ke Bandung

Saya sudah beberapa kali bepergian ke Bandung, baik dalam rangka dinas, komunitas, maupun urusan pribadi. Namun demikian, dari sekian kali saya bolak-balik ke Bandung, belum pernah sekali pun saya niatkan untuk berwisata buku. Memang pernah satu-dua kali saya sempatkan mampir ke tempat-tempat berburu buku tapi itu hanya selewatnya saja. Saya membeli buku lalu dilanjutkan kegiatan lain.

gambar dari: http://votemenot.com

Sejatinya, kalau untuk tujuan bersenang-senang pergi ke Bandung sendirian itu tidak enak. Mesti beramai-ramai atau beromantis berdua pasangan. Saya selalu mati gaya setiap sudah berada di Bandung, bingung mesti ke mana untuk bersantai sembari menghibur diri. Apalagi saya terlampau ansos alias antisosial --baca buku, kuping disumpal earphone-- kalau sudah jalan. Dan, saya pun bukan penganut prinsip, "Bertanyalah jika kamu tak tahu jalan". Lebih seringnya saya menggantungkan harapan pada aplikasi peta digital di gadget dan baru akan bertanya pada orang jika sudah benar-benar kepepet.

Friday, August 29, 2014

[Posting Bareng BBI] The Chronicles of Audy: 21 by Orizuka

Pekerjaan CINTA...
Hai. Namaku Audy.
Umurku masih 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja,
sampai aku memutuskan untuk bekerja di rumah 4R.

Aku sempat berhenti, tapi mereka berhasil membujukku untuk kembali setelah memberiku titel baru: "bagian dari keluarga".

Di saat aku merasa semakin akrab dengan mereka,
pada suatu siang,
salah seorang dari mereka mengungkapkan perasaannya kepadaku.

Aku tidak tahu harus bagaimana!

Lalu, seolah itu belum cukup mengagetkan,
terjadi sesuatu yang tidak pernah terpikirkan siapa pun.

Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang semakin ribet.

Kronik dari seorang Audy.


Pengarang: Orizuka
Penyunting: Tia Widiana
Proofreader: NyiBlo
Penerbit: Haru
Tebal: 308 hlm
Harga: Rp57.000
Rilis: Juli 2014
ISBN:9786027742376

Seperti halnya penggemar Audy dan empat cowok keren hasil rekaan Orizuka: Regan, Romeo, Rex, dan Rafael yang ngehits lewat novel remaja The Chronicles of Audy: 4R, saya pun tak sabar menantikan kelanjutan kronik hidup Audy yang penuh warna. Selepas pontang-panting menjadi babysitter sekaligus asisten rumah tangga karena mesti mendapatkan uang untuk biaya kuliah (yang tinggal skripsi), apa lagi yang bakal terjadi pada Audy? Dan apa pula yang akan terjadi pada 4R? Itulah yang kami—saya—tunggu-tunggu jawabannya.  Syukurlah, akhirnya buku kedua dari serial menggemaskan karya Orizuka ini diterbitkan juga oleh Penerbit Haru.

Satu kata: BAGUS!

Wednesday, August 27, 2014

[Resensi Novel Terjemahan] Anna and The French Kiss by Stephanie Perkins

Menciummu di Puncak Notre-Dame
Dapatkah Anna menemukan cinta sejati di Kota Cahaya?

Anna tak sabar menanti tahun senior-nya di Atlanta. Tempat dia memiliki pekerjaan hebat, sahabat setia, dan cowok yang ditaksirnya yang baru saja membalas perasaannya. Oleh karena itu, dia menjadi kesal ketika ayahnya memutuskan untuk mengirimnya ke sekolah asrama di Paris. Sampai dia bertemu √Čtienne St. Clair, cowok cerdas, menawan, dan tampan. √Čtienne memiliki segalanya… terutama pacar yang dicintainya.

Namun di Kota Cahaya, harapan apa pun bisa saja terwujud. Akankah satu tahun romantis yang-nyaris-terlewatkan berakhir dengan ciuman Prancis yang didambakan-dambakannya?

Judul: Anna and The French Kiss
Pengarang: Stephanie Perkins
Penerjemah: Mery Riansyah
Penyunting: Bunga Siti Fatimah
Pewajah sampul: aneesy29@gmail.com
Penerbit: Laluna and Friends (StudioKata Books) --saya mendapat kiriman dari Penerbit
Tebal: 473 hlm
Rilis: Mei 2014
Harga: Rp69.000
ISBN: 9786927041004

Paris, Prancis, seakan tak pernah habis dijadikan latar kisah-kisah cinta nan membius yang akan diceritakan dari generasi ke generasi. Tak berlebihan memang jika kemudian selain dikenal sebagai Kota Cahaya, Paris juga dijuluki Kota Romantis. Anna and The French Kiss karya Stephanie Perkins ini juga mengambil sisi-sisi romantis Paris dalam balutan kisah drama remaja Amerika dengan latar belakang sekolah berasrama khusus bagi remaja Amerika di Paris.

Sudah lama saya tertarik untuk membaca buku pertama dari tiga buku yang direncanakan ditulis oleh Stephanie Perkins ini (Lola and The Boy Next Door dan Isla and The Happily Ever After juga sudah terbit versi aslinya-bahasa Inggris). Saya mendengar begitu banyak respons positif dari buku ini, tentu saja, terutama saya dapatkan informasinya dari goodreads.com. Bahkan, per 26 Agustus 2014, buku ini memiliki rating 4.15 dari skala 5, dan telah dibaca lebih dari 118 ribu orang. Mantap. Tapi, sekian lama saya tak juga berusaha mencari bukunya. Pernah, sih, mengunduh versi e-book-nya tapi kemudian saya abaikan, hehehe. Syukurlah, kurang lebih empat tahun setelah rilis buku versi bahasa Inggris-nya, Laluna and Friends akhirnya menerbitkan buku ini dalam versi terjemahan bahasa Indonesia. Yay!


Tuesday, August 26, 2014

Top Ten Books Ijul Wants to Read but Doesn't Own Yet

Ini adalah kali pertama ikut meme Top Ten Tuesday yang diselenggarakan oleh blogger buku The Broke and the Bookish. Well, mestinya dalam bahasa Inggris ya, biar bisa dimengerti sama blogger buku yang lain. Tapi enggak apa-apa deh, saya memutuskan untuk ikut meme ini dalam bahasa Indonesia saja, meskipun sepuluh buku yang masuk dalam daftar bisa jadi buku berbahasa Inggris (yang belum ada versi terjemahannya).


Oke, jadi inilah sepuluh buku yang ingin saya baca tapi saya belum memilikinya.

1. Obsidian by Jennifer L. Armentrout (edisi terjemahan diterbitkan oleh StudioKata Books)
Sejak lama saya sudah berminat membaca buku-buku karya Jenny tapi belum satu pun yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan saat itu saya tak memiliki pengetahuan soal akses buku aslinya. Hanya sempat mengunduh gratisan di laman internet tapi belum dibaca juga.

2. Dear Friend with Love by Nurilla Iryani (Penerbit Stiletto Books)
Sebenarnya saya sudah pernah membeli dan sempat membaca sampai dengan dua bab buku ini, namun dikarenakan keteledoran yang teramat sangat saya malah meninggalkan buku ini di ATM Mandiri di kawasan Hotel Kartika Chandra. Berhubung saya lagi malas hari itu, saya relakan lah seandainya novel itu hilang (sorenya saya balik lagi ke situ dan novelnya sudah raib).


Thursday, August 21, 2014

[Segera Terbit] Meniti Hati by Ida Ernawati

Novel-novel baru terus terbit dan masih banyak lagi yang sedang dalam antrean untuk terbit. Berikut adalah beberapa novel amore dan romance terjemahan serta beberapa novel lokal yang mungkin bisa sama-sama kita nantikan jadwal edar resminya di toko buku kesayangan kita.

1. Meniti Hati by Ida Ernawati, merupakan salah satu novel Amore yang terlahir dari kompetisi Lomba Penulisan Novel Amore GPU tahun 2012-2013 silam, namun demikian novel ini bukanlah novel debutan Ida. Tercatat novel Cinta Grey Area adalah karya sebelumnya yang sudah diterbitkan.
Alanna, si hitam manis bak karamel, adalah staf HRD yang nyaris diberi predikat “tukang telat”. Untung saja Kevin, pacarnya yang sangat sabar, rela menjadi “tukang ojek langganan” agar Alanna tidak sering terlambat.

Namun, hari Alanna berubah setelah bosnya menyerahkan berkas seorang kandidat manajer farmasi: Wisnu Pradipta. Orang yang sangat dibutuhkan perusahaannya itu adalah mantan pacarnya!

Alih-alih bersikap profesional, Alanna justru kembali terpesona pada Wisnu. Ia jadi semangat bangun pagi dan tak pernah terlambat lagi. Mereka bahkan mengenang kembali masa-sama indah mereka. Tapi, Alanna terkejut ketika mengetahui Wisnu ternyata berpacaran dengan Myriam, teman SMP yang dulu suka mengatai Alanna “Cewek Kecoak”.

Alanna bertekad tidak akan membiarkan Wisnu jatuh ke pelukan Myriam si cewek kejam. Ia harus mendapatkan Wisnu kembali!

Lalu, bagaimana dengan Kevin yang tiba-tiba melamarnya?

Meniti Hati direncanakan rilis bulan Agustus ini dengan tebal kurang lebih 272 halaman dan perkiraan harga bukunya adalah Rp55.000.