Saturday, June 20, 2015

[Curhat & Giveaway] Pengalaman Menyunting The Chronicles of Audy: 4/4 by Orizuka


Nama Orizuka sudah bolak-balik terdengar di kuping saya sejak awal saya menyukai membaca novel-novel bertema romance dan remaja. Namun, saat itu, saya keburu tertuju hanya pada lini Teenlit dan Metropop pada sebuah penerbit dan Orizuka (setahu saya) belum pernah menerbitkan novel untuk kedua lini tersebut. Namun, secara perlahan saya membeli dan mengumpulkan novel-novel karyanya, meskipun belum dibaca juga.

foto dari http://kumpulpenulispembaca.com/2014/12/05/orizuka/
Pengalaman pertama saya membaca tulisan Orizuka adalah novella berjudul Sunrise bersama novella yang ditulis Christian Simamora berjudul Cinderella Rockefella yang termasuk dalam seri GagasDuet, dalam buku With You. Secara saya menyukai jenis tulisan yang lincah nan menggemaskan, maka waktu itu pesona tulisan Orizuka saya rasakan tertutupi pesona tulisan Christian yang lincah dan witty. Jadilah saya kurang bersemangat (lagi) untuk memulai membaca karya-karya Orizuka. Hingga, mau tak mau, saya membaca salah satu karyanya.

Lebih tepatnya lagi "calon" karya terbarunya di tahun 2013 ketika saya menerima tawaran menjadi pemeriksa aksara (proofreader) novel The Chronicles of Audy: 4R terbitan Penerbit Haru. Dan, pengalaman memeriksa aksara untuk novel itu menjadi pengalaman paling mengesankan sebagai seorang proofreader, sejauh ini. Biasanya, saya akan melakukan minimal dua kali pengecekan naskah. Dan, biasanya juga saya butuh minimal sehari-dua hari untuk pengecekan pertama. Sedangkan ketika mengecek pada kesempatan pertama untuk naskah Audy ini, saya hanya membutuhkan waktu tak kurang dari 3 jam. Yap, TIGA jam! Selain karena gaya penulisan dan hasil suntingan yang sangat rapi, cerita Audy-nya sendiri membius saya sejak lembar halaman pertama. Bayangan muram Sunrise tak membekas sama sekali. Di Audy buku #1 itu, saya menemukan Orizuka yang berbeda. Orizuka yang lincah, manis, sekaligus trengginas.

foto dari http://orizuka.tumblr.com/
Maka, sejak saat itu saya menunggu tawaran untuk ikut menangani naskah-naskah Orizuka lagi. Sayangnya, dikarenakan satu dan lain hal, saya harus menolak tawaran memeriksa aksara untuk buku kedua Audy bertajuk The Chronicles of Audy: 21. Bersyukur, saya kembali ditawari Penerbit Haru untuk membantu menangani kisah Audy buku ketiga (buku terakhir? tanya Orizuka langsung, yaaa...hehehe) bertajuk The Chronicles of Audy: 4/4. Dikarenakan posisi penyunting langganan untuk Audy sedang berhalangan, Penerbit Haru justru menawari saya untuk menyunting naskah ini. Saya yang biasanya berperan sebagai pemeriksa aksara sekaligus penyumbang saran hasil suntingan, langsung shock. Saya speechless. Bukan apa-apa. Naskah ini sudah ditunggu oleh banyak pembaca di luar sana, dengan ekspektasi yang luar biasa tinggi. Saya hanya merasa tidak berkompeten menyunting naskah ini. Tapi, karena Penerbit Haru memberikan suntikan keyakinan, pada akhirnya saya memantapkan diri untuk menerima tawaran ini.

Tawaran yang kemudian antara saya syukuri dan saya sesali. Eh, maksudnya? Ehmm, untuk orang seperti saya yang bermimpi bekerja di dunia perbukuan, tawaran untuk menyunting atau mengedit naskah merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Menurut saya, editor menjadi orang kedua yang bertanggung jawab penuh atas bagus-jeleknya sebuah naskah. Syukur saya panjatkan karena diberi kesempatan menyunting salah satu naskah dari seorang penulis produktif Indonesia yang novel-novelnya selalu ditunggu para penggemarnya. Namun, terselip juga sesal karena senyatanya saya memang merasa kurang bisa memberikan sentuhan pada naskah ini. Bukan karena naskah ini buruk, tapi justru sebaliknya, naskah ini begitu rapi dengan alur dan adegan yang menurut saya sudah pas. Saya sampai "bersemedi" sementara waktu untuk memutar otak, mencari ide bagaimana menambahkan bumbu-bumbu penyedap untuk membuat naskah ini kian lengkap. Dan, saya tetap mati kutu. Sebagai pribadi dan editor, saya sangat puas dengan naskah ini dan pada akhirnya hanya menyentuh bagian-bagian yang menurut saya perlu disentuh.


Dan... editor kan juga manusia, ya? Penyunting juga pembaca yang bisa ikut larut selama proses penyuntingan. Buat yang sudah baca novel ini, tentu bisa paham, ya, bahwa ada beberapa bagian yang jika dinikmati benar-benar bisa bikin air mata turun dengan sendirinya.


Saya tak bisa memungkiri bahwa ada masanya saya mesti menyambar selembar tisu di nakas dan mengelap mata yang mendadak basah. Tapi, ada masanya juga saya terbahak tanpa bisa dicegah ataupun nyengir keki ketika mendapati adegan romantis yang... khas Audy sekali. Ini contohnya:


Lihat saja, tak banyak catatan yang bisa saya berikan. Di bagian ini saya benar-benar dibuat terkikik-kikik tak keruan. Mana saya kan juga penggemar Cinta dan Rangga dalam film "Ada Apa Dengan Cinta" yang melegenda itu. 

Tentu saja, saya berusaha semampunya untuk --lagi-lagi-- mencoba memenuhi ekspektasi readerizuka yang sudah menantikan novel ini. Jikalau masih ada lubang di sana-sini yang membuat pembaca gagal mendapati apa yang diharapkannya, saya bersedia ikut disalahkan. Toh, sebagai seorang penyunting sudah seyogianya saya mampu memberikan saran-saran perbaikan yang lebih banyak lagi pada naskah ini.


Namun demikian, saya tetap menyatakan bahwa The Chronicles of Audy: 4/4 yang sudah bertransformasi menjadi novel fisik yang mulai beredar bulan Juni 2015 ini adalah karya bagus lainnya dari Orizuka. Terkhusus untuk pembaca setia kronik Audy, tentu saja sangat sayang sekali jika melewatkan novel ini begitu saja. Bacalah, bacalah, dan bacalah. Ada banyak perspektif baru dari masing-masing tokoh di novel ini yang bisa kita jadikan contoh dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Selamat membaca, tweemans.


Okeh, itu tadi sesi curhat saya yang ketiban durian runtuh ditawari menjadi penyunting buku ketiga serial Audy karya Orizuka. Nah, sekarang saatnya giveaway. Ada satu eksemplar novel The Chronicles of Audy: 4/4 buat tweemans yang beruntung. Cara ikutan giveaway-nya gampang, kok. Cukup jawab pertanyaan di bawah ini, langsung di kolom komentar disertai akun Twitter (jika ada) dan alamat Email yang bisa dihubungi untuk konfirmasi hadiah.


Jawaban kamu ditunggu paling lambat hari Sabtu, 27 Juni 2015, pukul 23.59 WIB. Satu orang tweeman yang beruntung akan mendapat satu eksemplar novel The Chronicles of Audy: 4/4 karya Orizuka hasil suntingan saya ini. Ditunggu, ya.

44 comments:

  1. nama : Eny
    twitter @Enythxz
    email : enytok03@gmail.com

    aku suka karena Karakter Audy sangat menyegarkan dan bersemangat,terlebih ada cowok tampan berinisial R, Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Ceritanya ringan cocok untuk remaja seperti saya, :)

    pilih team rex aja soalnya Romeo jorok
    #TeamRex

    ReplyDelete
  2. Nama: Tricintya Kobis
    Twitter: @tri3_yenwang
    Email: tricintya.kobis@gmail.com

    Alasan aku suka banget sama serial kronik Audy karena ceritanya itu segar, di saat banyak banget novel-novel berlatar luar negeri (yang kebetulan waktu itu aku agak jenuh dengan tema seperti itu), muncullah novel karangan Orizuka ini. Ceritanya yang khas Indonesia, mulai dari lokasi, budaya, dan gambaran kehidupan mahasiswanya membuatku langsung jatuh hati dari buku pertama. Tidak lupa rasa gregetan tiap kali Audy harus berhadapan dengan 4R dan tiap problema mereka. Terlebih lagi dari buku pertama, aku juga sudah menanti-nantikan adanya hubungan yang lebih antara Audy dan Rex. Dan pengemasan hubungan Audy dan Rex di serial kronik Audy ini sukses buat aku luluh menyetujui hubungan wanita yang lebih tua dengan pria yang lebih muda hehehe.

    Aku pilih #TeamRex karena kegantengan dia yang terpancar dari kepintarannya :)

    ReplyDelete
  3. nama: Dion Yulianto
    twitter: @dion_yulianto
    email: yuliantodion@gmail.com

    Saya malu banget karena 4R adalah novel orizuka pertama yang saya beca (itupun minjem Mbak Desty). Sebagai pembaca fantasi, saya biasanya memang jauh-jauh dari novel-novel romansa remaja begini, tapi saat membaca 4R saya (duh malu) ikut pengen gendong Rafael *rebutan sama emak-emak dan calon emak di goodreads. Saya baca 4R dan langsung suka sama karya ini, begitu beda dengan novel2 remaja kebanyakan. 4R punya cta rasa tersendiri, unik tapi juga fresh. Yang lebih penting lagi, novel ini RAPI, inilah yang saya cari dari sebuah buku. Kadang, walau saya kurang suka ceritanya, tapi asal alurnya rapi dan tidak banyak bolongnya, saya pasti memilih untuk menyukainya. Dan, novel 4R dan 21 memenuhi kedua harapan saya itu. Akhir kata, buku 4R kubalikin ke mbak Desty, kemudian saya langsung beli 4R, trus nodong @alvina13 buat kadoin 21 mwahahaha.

    Saya masuk #TimRex juga karena pendiamnya Rex mengingatkan saya pada diri saya sendiri pas SMA dulu (minus tinggi badan, kejeniusan, dan kerupawanannya tapi) *ditendang Romeo

    ReplyDelete
  4. Nama: Sulis
    Twitter: @peri_hutan
    Email;: zhuelhiez at yahoo dot co dot id

    Aku sukaaaaaaaa banget sama seri Audy ini, plis menangin aku Minjulllll :D

    Dari semua buku Orizuka yang pernah aku baca paling favorit adalah Our Story dan The Chronicles of Audy ini, kental banget rasa persahabatan dan kekeluargaanya, buku yang bisa bikin aku nangis megep-megeb saking terharunya.

    Yah, aku memang lemah sih kalau baca buku yang bertema family, jauh lebih dapat aja pesannya dan mudah memahami perasaa tokoh utamanya karena bisa saja ceritanya terjadi pada diri kita.

    Yang sangat menarik dari buku ini para 4R, nggak bisa dipungkiri mereka adalah magnet buku ini, kehadiran Audy membuat mereka terangkat, membuat kita mengenal mereka. Mereka adalah empat saudara di mana harus saling bahu membahu menghadapi hidup ketika ditinggal orangtua, bukan hal yang mudah tentunya kalau sebagaian besar dari mereka masih sekolah dan masih kecil. Karakter mereka juga unik, si pelit (orang turtua di keluarga yg harus bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya sehingga dia harus benar2 merencanakan dan memperhitungkan pengeluaran), si gamer (sifatnya yang jorok dan asal-asalan menutupi dirinya yang seorang hacker dan mempunyai andil membayar urusan rumah), si judes (yang paling pendiam dan paling sinis, mempunyai asma dan menjaga agar tidak kambuh, karena dia tidak mau merepotkan yang lain, tidak ingin menjadi beban keluarganya yang lain) dan si krucil (yang paling lucu sekaligus menjengkelkan, dia hanya sebentar merasakan kasih sayang orangtua, dididik oleh kakak-kakaknya yang belum dewasa semua sehingga kadang tidak sesuai dengan anak seumurnya, dia tipe anak yang dewasa sebelum waktunya dan sangat jenius, bagian dia selalu saja membuat aku terharu).

    Dari semua 4R sebenernya suka semua sih, mereka menyenangkan dengan cara tersendiri. Tapi kalau disuruh milih antara #teanRex atau #TeamRomeo maka aku memilik #TeamRex dg alasan dia adalah tipe cowok yang pendiam tapi dalam diamnya dia tahu banget tentang orang yang disukai, lebih menganut sistem perbuatan daripada kata-kata. Dan cintanya tanpa pamrih, dia tidak berharap orang yang disukai akan mempunyai perasaan yang sama, hanya perlu tahu saja dan tidak memaksa.

    Semoga kali ini beruntung ya, nggak sabarrrrrr baca :D

    ReplyDelete
  5. Nama: Dhenda Fildza
    Twitter: @dhendafildza
    Email: dhendafil@gmail.com

    Yang membuat saya suka sekali dengan novel seri Audy ini adalah ceritanya yang menarik dengan segala kronik Audy yang tidak ada habisnya tapi selalu berakhir bahagia. Kak Orizuka pinter banget memadukan cerita cinta dengan arti penting sebuah keluarga. Ceritanya juga selalu bikin penasaran sehingga saya tidak bisa berhenti membaca sampai halaman terakhir. Dan setelah halaman akhir pun malah membuat tambah penasaran dgn kelanjutan ceritanya yang susah susah gampang di tebak. Sehingga yang terjadi yaitu dengan geram menunggu buku selanjutnya :D Saya sih team Romeo, karena menurut saya Romeo dan Audy lebih punya chemistry dibanding sama Rex. Selain usia mereka yg sama, Audy juga selalu merasa bahagia kalau di dekat Romeo yang bersifat humoris :) Lebih suka liat Audy yang bahagia karena sesuai dengan karakternya yang lincah dan semangat dibandingkan galau mikirin Rex.

    #TeamRomeo

    ReplyDelete
  6. Saya suka sama The Chronicles of Audy dari awal baca 4R. Saya langsung terpesona sama pembawaan cerita, alur, dan tokohnya juga.

    Siapa sangka Audy yang baru saja senang akan menyelesaikan skripsinya dan membanggakan orangtuanya justru ditimpa konflik hingga terjebak di keluarga 4R. Regan yang pertama membuat Audy tergila-gila, memiliki sifat sangat perhitugan, ternyata orang yang sangat bertanggungjawab. Romeo yang cenderung asal-asalan juga mempunyai pesona tersendiri. Rex yang jenius dan paling tertutup ternyata punya konflik khususnya menyangkut cinta dan teorinya, heheh. Dan Rafael yang dewasa sebelum umurnya, ternyata sebenarnya kekurangan kasih sayang.

    Kisah keseharian dengan alur yang tidak terduga ditambah karakter yang anti-mainstream seperti buku ini sepertinya membuat siapapun terhipnotis saat membacanya. Ini adalah salah satu serial buku yang membuat saya selalu menunggu kelanjutannya, dari 4R menunggu 21, lalu 4/4. Cerita ini membuat saya terbawa emosi, tersenyum-menangis-tertawa sendiri. Heheh.

    Semoga 4/4 bisa lebih laris dari serial sebelumnya. ^^

    Salam #TeamRomeo

    E-mail: bellaraspati@gmail.com
    Twitter: @Bella_RNZ

    ReplyDelete
  7. nama : siti zulaikhah
    email : zulaikhah0796@gmail.com
    twitter : @kimzujonghee

    alesan : novel yang bikin tertawa dan tak membosankan dari awal cerita sampai akhir cerita. Walaupun narasi yang digunakan dari sudut pandang audy tapi tetep kereeeennn banget.

    Karakter audy yang sering menggerutu dan sering mikir, membaqa alur novel ini menjadi seru dan menghibur.
    #TeamRex aduh bocah 17tahun ini bisa membuat klepek klepek dengan gaya cool, sifat dingin. Walau masih muda dia tipikal prang jenius, tapi kata kata di cerita bikin setiap gadis yang membacanya menjadi meleleh asksjdkskk beneran, siapapun bakalan jatuh ketangan dia tanpa harus meminta. ok sekian #TeamRex

    ReplyDelete
  8. Nama: Denilasari
    Twitter: @denilasarii
    Email: de.alice01@gmail.com

    Yang bikin aku suka banget sama Audy adalah lebih ke cerita keluarganya. Gmna si 4R harus struggle dan survive semenjak orang tua mereka meninggal. Apalagi hubungan mereka ber4 kurang baik kan.
    Tapi setiap permasalahan kan pasti ada jalan keluar, mungkin audy ini jawabannya.
    Ditambah lagi segala kelucuan, kekonyolan dan masalah yg audy timbulkan bikin novelnya lebih menarik. Gaya menulis mba Ori juga selalu d acungi jempol lah, jadi ga pernah bosen dan selalu banyak kejutan d dalamnya

    Aku ada di #teamRex karena Rex menyukai audy dengan caranya yang berbeda, caranya sendiri^^

    ReplyDelete
  9. Nama: Maya Mai
    Twitter: @MayaMai_29
    Email: mayakurniawati7@gmail.com

    Pertama kali baca novel ini karena disaranin temen dan akhirnya jatuh cinta pada setiap karakter yg disajikan orizuka ini..
    Oke, balik ke pertanyaan. Kenapa aku suka serial kronil audy itu karena sifat blak-blakan audy sendiri. Alur cerita yg mengalir bener-bener enak untuk dibaca. Aku seperti mengenal Audy dan 4R . Aku membayangkan jika 4R ada mungkin langsung klepek-klepek kali yaa. Secara orang ganteng itu enak buat cuci mata. Hihi
    Apalagi kalo rafael, aku mungkin akan bertingkah seperti Audy≧﹏≦.. baru 5 tahun aja udah baca buku anak smp. NGIRI!!!! hahahaha.
    Dan untuk yg terakhir. Hatiku udah jatuh sepenuhnya sama REX! Tenang aja rex, aku ikhlas lahir batin kalo kamu sama audy.
    #TeamRex #TeamRex #TeamRex !!!!!!

    ReplyDelete
  10. Nama : Asyrifah Ainun Jemma
    Twitter : @Ainunn_28
    Email : aasyrfh@yahoo.com

    Yang bikin aku suka dgn kronik Audy ini?
    Hmm.. Sejak baca buku pertamanya aku sudah jatuh cinta pada ceritanya dan tiap karakter beserta sifatnya..

    Alur cerita yg kak Orizuka ciptakan, ketika aku membacanya rasanya tuh seperti kehidupan nyata yg ditulis dalam novel. Alurnya membuat kita tidak bosan untuk membacanya dan adegannya dijamin seru bangeett!!!!

    Aku merasa setiap karakter tokohnya hidup. Seperti Regan yg dewasa dan peduli, Romeo yg ceria dan pemalas, Rex yg misterius dan jutek, serta si kecil Rafael yg sifatnya dewasa sebelum waktunya walaupun dia tetap imut seperti anak kecil lainnya.

    #TeamRex atau #TeamRomeo??
    Hmm.. Walaupun banyak yg milih #TeamRex, tetapi dari awal pilihanku adalah #TeamRomeo!!!
    Why? Karena aku suka banget cowok yg seperti Romeo :* sikapnya yg periang membuat kita betah dgnnya.. Dalam bayanganku, Romeo itu imut bangeett :*
    Berharap Romeo bisa sama Audy ^^ sifat mereka berdua sangat cocok..

    #TeamRomeo !!!

    ReplyDelete
  11. Aku gak tahu pasti kenapa suka dengan novel The Chronicles of Audy, tapi bila ditanya apa yang membuat saya suka dengan novel ini mungkin karena ceritanya ringan dan ketika membaca halaman pertama keterusan, gak bisa berhenti sebelum baca endingnya. Lalu ngulang bacanya lagi dari awal. Selain itu buku ini juga bisa buat ketawa, tapi di halaman berikutnya tiba-tiba nangis. Pokoknya baca buku The Chronicles of Audy itu nanonano dan yang pasti bikin ketagihan buat baca lanjutannya. #TeamRex

    ReplyDelete
  12. Nama: Siti Mar'atus Sholihah
    Twitter: @sitiiMS
    Email: sitimaratus33@yahoo.co.id

    Yang membuat saya sangattttttttt suka dengan serial the chronicles of audy ini adalah, gaya bercerita ka orizuka yang sangat indonesia sekali, membumi, sederhana, ringan tapi tetap berkualitas. Memakai Jogjakarta sebagai setting utama, UGM sebagai kampus tempat audy menimba ilmu, Skripsi sebagai ide dasar,  Dialog antar tokoh yang khas Indonesia banget, dan Konflik yang disuguhkan pun sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Jadi, membaca kronik dari seorang Audy Nagisa sudah layaknya seperti membaca kisah hidup teman sendiri, entah mengapa begitu real dan membuat kita senantiasa hanyut dalam alur cerita yang begitu menghibur, kadang membuat saya ketawa cekikikan sendiri mengingat betapa konyolnya tingkah Audy saat dibully oleh 4R (khususnya Rafa) tetapi terkadang juga membuat saya berderai air mata karena merasa begitu sedih dan miris atau pun terharu dengan kisah 4R.

    Belum lagi pesona 4R yang menjadi daya tarik utama dan begitu mengalihkan dunia saya selama 2 tahun belakangan ini, membuat saya selalu berdelusi seakan-akan mereka memang ada dan hidup disekitar saya. Regan yang seorang pekerja keras, bertanggung jawab, Kharismatik, ganteng luar biasa dan sangat peduli dengan 3R+1A, Romeo yang gak kalah ganteng dari Regan tapi jarang mandi, yang selalu ceria, ramah, menjadi penyeimbang saudara-saudaranya yang seringnya sih bersikap kaku dan serius. Rex, si remaja labil ber-aroma peppermint yang luar biasa genius, jutek, sinis, tapi punya suara dalam yang bikin hati saya (eh, audy maksudnya) meleleh seketika, Terakhir, ada Rafael bocah 4 stengah tahun yang dari awal berhasil mencuri perhatian saya dan bikin saya gemes sekali, agak lebih dewasa daripada umurnya namun tetaplah berhati seorang balita yang lugu, yang sebenernya butuh kasih sayang dan perhatian lebih dari saudara-saudaranya.

    Konflik 4R yang tiba-tiba aja begitu mempengaruhi kehidupan audy serta kehidupan saya sendiri inilah yang menjadi alasan utama kenapa saya suka sekali! benar-benar excited, dan ingin selalu mengikuti kelanjutan dari serial ini.

    Regards,
    #teamRex ♥♥

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Nama : Nafa Evania Fauzi
    Twitter : @___bubblegum
    Email : Nafafaniaa@gmail.com

    The Chronicles of Audy. Itu buku pertama karya orizuka yang gue baca dan membuat gue jatuh cinta dan kecanduan sama karya karya orizuka.

    Gue suka novel ini karena konfliknya itu seru banget, bikin orang geregetan, ditambah kisah cinta yang hadir ditengah tengahnya yang membuat gue semakin tertarik dan penasaran apa kelanjutan kisahnya. Pas selesai baca novelnya entah kenapa gue senyum2 sendiri dan ngerasa bahagia seakan gue yang mengalaminya dan itu kehidupan gue, wkwk :') #TeamRex

    ReplyDelete
  15. Nama : Giska AA
    Email : giska666@gmail.com

    Suka bangeeeet sama novel seri TCOA ini dan aku penggemar sekaligus penunggu setia terbitnya seri audy ini ..

    Novel seri audy punya cerita cinta yang gak pasaran. Beda sama novel2 cinta kebanyakan. Di novel ini pembaca diberi rasa yang nano-nano karena disaat lagi sedih2nya karena suatu adegan eeehh terselip hal2 lucu yang buat ketawa sampe terpingkal-pingkal, Hahaha :-D Lewat novel audy juga aku bisa bayangin setiap adegan yang diceritakannya, kadang bisa sampe ketawa2 karena ulahnya romeo yg selalu bisa menghibur, kadang juga ngerasa melankolis dengan kesetiaan cinta regan dan maura atau karena pengakuan cinta rex yang tiba2 ke Audy, kadang juga ngerasa jengkel sama sifatnya rafael yang kadang gak sopan (ini karena ulah romeo yg suka ngajarin yang aneh2 ke adiknya haha) atau jengkel karena rex yang terlalu dinginnnnn (atau malah beku (?) ), dan kadang ngerasa mengkhawatirkan karena masalah2 yg dihadapi audy terlalu rumit.
    Pokoknya gak ada abisnya baca cerita tentang audy dan 4R ini, selalu ada kejutan2 yang gak kebayangin sebelumnya. Smogaa bakal terus ada kelanjutnya sampe 4,5,6,7, dan seterusnyaaa...

    Salah satu perubahan dalam diri aku setelah baca novel ini yaitu diam2 mengiyakan cinta pasangan beda usia yg ceweknya lebih tua dibanding cowoknya gara2 rex dan audy nih :-D Aku #TeamRex karena suka sama cara rex mencintai audy. Dia orang yang paling gak deket sama audy, tapi diam2 iri dengan kedekatan audy sama saudara2nya yang lain dan diam2 selalu merhatiin audy dengan sudut matanya yang tajam dan serius :-)
    Berharap di seri audy yg ke 3 bisa dapetin cerita yg lebih menggemaskan tentang kelanjutan cerita cintanya audy dan rex.. xoxo

    #TeamRex Fightinggggggggg !!

    ReplyDelete
  16. nama : sarah fb
    twitter : @sarah_barmen
    email : sarahefbe@yahoo.com


    alasannya aku rasa sama kayak readerizuka yang lainnya ^ ^ buat org yang udah pernah baca novel dari orizuka pasti ketagihan dan penasaran sm karyanya yang lain kyk aku #korbanizuka X'D ke tokbuk cuma buat nyari novel orizuka. alasannya simpel aja : anak muda banget,bhsnya mudah dipahami dan yang paling penting ANTI-MAINSTREAM !!
    btw, aku dukung #TeamRomeo ♥ g tau suka aja, udah. unik mereka hoho ^ ^
    #TeamRomeo #TeamRomeo #TeamRomeo go go !!!

    ReplyDelete
  17. Nama: Nasya Nabilah Al Ulya
    Twitter: @nblhnasya
    Email: nasyaulyaa@gmail.com


    Saya suka serial Audy karena tokoh2nya punya gen bagus. Wkwk. Cowoknya ganteng2 & jenius2. Setiap tokoh digambarkan dengan watak yg berbeda yg membuat saya lebih mudah membayangkan tokohnya. Serial ini seringkali membuat saya terbahak. Sudut pandang Audy yg kadang 'ga peka' juga membuat saya gemas sendiri.
    Dari semua tokoh cowok yg ada, entah kenapa dari awal saya menyukai tokoh Romeo. Cowok yg dari luar terlihat antagonis (dari sudut pandang Audy) tapi lama kelamaan, semakin dalam saya mengenal Romeo, semakin membuat saya jatuh cinta *ea. Siapa sangka dibalik kejorokannya banyak alasan2 emosional yg tersembunyi? Sifatnya yg selalu santai dan friendly juga membuat saya ingin mengenalnya secara nyata. Tapi apa daya, Romeo hanya tokoh fiksi :"
    Settingnya yg berada di jogja juga membuat saya ingin mengelilingi semua lokasi yg ada di novel. Saya penasaran bagaimana Alun-alun Kidul, bagaimana RS. Panti Rapih, bagaimana Jalan Cik Ditiro, bagaimana Rumah Coklat, dan lain lain. Sejauh ini saya baru melihat Galeria, walaupun di buku pertama hanya dituliskan satu kata. Tapi karena disitu adegannya Romeo, jadi saya senang sekali ketika bisa melihat dari dekat apalagi masuk ke dalam mallnya.
    Tentu saja saya memasangkan Audy dengan Romeo. Semoga di buku ke-4 nya banyak kisah tentang mereka berdua! #TeamRomeo

    ReplyDelete
  18. nama : Fransisca Susanti
    twitter @siscacook
    email : siscawiryawan@ymail.com

    Aku suka banget serial The Chronicles of Audy. Kisah remaja yang simple, tapi fresh dan ceria. Yang paling bikin ga tahan untuk senyum-senyum sendiri waktu baca novel ini ialah keluguan Audy yang 1000% :P Dia tuh imut banget dan suka salting sendiri waktu beraktivitas sebagai babysitter di rumah 4R yang semuanya cakep, tpai unik-unik! Regan,yg super ganteng, keren, diplomatis, tapi manipulatif (Audy selalu termanfaatkan :P), Romeo yang jenius dalam computer, cakep sih kalo bagi yg suka tipe gondrong, sayangnya jorok O.O, Rex yang jenius, suka sok cool padahal dia paling perhatian sama Audy, dan terakhir Rafael, anak kecil yang sok dewasa =)
    Aku selalu membayangkan Audy seperti Cinderella masa modern ^^ Yang selalu terkejut sendiri ketika dia yang super lugu berada di rumah 4R yang keempat penghuninya secerdik naga…
    Paling suka dalam setiap babnya ada outline skripsi Audy :P (yang entah kapan selesainya… soalnya fokus teralihkan terus sejak tinggal di rumah 4R :p)

    Aku suka banget sama Rex yang jenius dan super cool. Dia selalu tenang dan menyembunyikan perasaannya dengan baik, padahal sebenarnya dia orang yang cukup emosional. Biasanya orang yang tenang seperti Rex, diam-diam menghanyutkan…pasti Audy hanyut, buktinya Audy pernah kecebur berdua bareng Rex :P Rex orang yang terorganisir, tipe yang cocok untuk Audy yang super santai. Jadinya, seimbangkalau mereka jadian =) Kalau Romeo terlalu flamboyan ah , centil, dan jarang mandi serta keramas. #TeamRex

    Trims ^^

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Nama: Selvia Sari R.
    Twitter @siimisfil
    E-mail : v2ituaza@yahoo.com
    ---

    Sejujurnya, gue tertarik beli The Chronicles of Audy kali pertama karena COVER-nya! Iya, bener. COVER-nya! Jarang ada novel yang tampilannya unyu dan unik begini. Sisinya berwarna terus pembatasnya menampilkan lima karakter utama dalam novelnya (siapa lagi kalau bukan Audy, Regan, Romeo, Rex, dan Rafael). Keren aja! Beda! *big applause buat tim Haru*

    Setelah 'packaging' yang begitu memesona yang bikin gue nggak rugi menguras isi dompet, gue pribadi klepek klepek sama gaya bahasa kak Orizuka. (Oke! Sejujurnya lagi, ini novel pertamanya yang sukses gue khatam-kan karena efek penasaran tingkat dewa). Ringan, nggak berat. Berasa baca catatan harian si Audy. Nggak terasa aja bacanya. Tau tau udah di lembaran terakhir. Tau tau dibikin penasaran sama kisah kronik Audy yang skripsinya -hayo-kapan-kelarnya-tuh. Btw, buku ke-empat udah tamat kan? Ya kan? #eh

    Oiya! Terus, semua karakter dijabarkan dengan baik tanpa meng-istimewa-kan salah satu tokoh. Porsinya pas! Ya gitu.

    Awalnya, gue ngira kalau 4R ini rada mirip sama kisah Meteor Garden gituuu... Empat cowok dengan aura yang 'wow'. Satu cewek dengan empat cowok tersebut. Ya gitu.

    Gue nge-bayangin kalau buku ini difilm-kan siapa yang bakalan jadi Audy? 4R? Khusus Rex sama Rafael pasti bakalan butuh open casting yang ekstra.

    Ahh... Jawaban mulai ngaco!
    Yaaaa, itulah yang bikin gue suka (boleh pakai kata 'banget' nggak?) sama The Chronicles of Audy. Singkat aja ya alasannya... :p

    Btw, gue juga boleh kan ikut numpang curhat? Sampai saat ini, sampai buku ke-tiga, gue masih setia jadi #TeamRex! YUHUUU!!!
    .
    .
    .
    Ya gitu.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  22. Nama: Eka Hasti Sundari
    Twitter: @ekahasun
    Email: sundariekahasti@yahoo.co.id


    Saya suka banget sama the chronicles of audy. Ceritanya bener bener menguras jiwa raga kadang baca nya sambil ngakak dan juga sedihh karna konflik cerita yang di alami tokoh dalam novel. Audy tokoh wanita yang selalu ceria dan tabahh menghadapi ke empat tokoh laki2 yaitu regan, romeo, rex yang ganteng bin kece dan rafael yang akan jadi calon cogan( cowo ganteng). Ceritanya ringan sehingga saya gak usah cape2 mikir buat memahami ceritanya, tau2 udah lembar terakhir aja. Ahhh saya berharap tokoh yang ada di the chronicles of audy bener2 nyata, biar saya bisa berjodoh dengan rex #semuahanyamimpi. Saya suka banget bagian audy dan romeo gemezz bacanya dan bayanginnya, audy yang ceria, kadang sentimentil dan romeo yang ke lewat santai tapi tetap perduli, couple idaman banget.
    Tapi Rex tokoh yang sangat saya suka, misterius2 gimana gitu.

    Saya berharap audy sama romeo. Dan rex sama saya hehehehe

    #Teamromeo

    ReplyDelete
  23. Nama: Nur Kamelia Dewi
    Twitter: the_amelll
    Email: ameldewi@ymaul.com

    Kenapa saya suka The Chronicle of Audy? Pertanyaan yang membingungkan sebenarnya. Awalnya membeli novel ini karena saya menyukai karya Orizuka dan yah, sinopsis bukunya membuat saya tertarik. Kali pertama membacanya, saya langsung jatuh cinta. Begitu saja. Audy yang polos dengan segala kesialan yang ada terlihat begitu manusiawi. Sehingga, membayangkannya tidak terlalu sulit.
    Novel ini juga tidak wah -tiap karakternya maksud saya; tidak terlalu kaya dan sebagainya, tiap karakternya sederhana dapat dengan mudah diterima karena memang ada di kehidupan sehari-hari -kecuali kelakuan ajaib Rafael, tentunya. Intunya novel ini tidak terlalu 'mengada-ngada', lebih apa adanya, khas Orizuka.
    Novel ini juga bukan sekedar, bacaan santai, tapi berisi. Yang paling saya suka adalah saat sebuah novel dapat membawa arti keluarga sesungguhnya. Seperti kata Regan, 'Keluarga bukan yang hanya terikat dengan dokumen.' Begitu kalau tidak salah.
    Apa saya sudah mengatakan jika sosok Audy itu memikat? Yah, dibalik sifat ceroboh dan lainnya. Dia -tanpa sadar- dapat menyatukan 4R dan dengan tingkah ajaib -yang menurutnya dapat membuat malu- malah dapat membuat orang lain semakin dekat. Bagaimana ya mendeskripsikannya, hm, Audy Nagisa itu mempesona dengan sikapnya. Ya, sepertinya itu cukup.
    Terakhir dan yang paling saya suka adalah peradasn terombang ambing saat membaca novel ini. Kadang sedih, bahagia, tertawa, menangis, semua disuguhkan dalam sebuah novel karya Orizuka ini. Tingkah ajaib, hingga yang menyentuh pun dapat ditemukan.
    Intinya, saya jatuh cinta pada tiap lembar halaman yang saya baca dari novel ini. Memikat. Benar-benar seperti magis, selalu menarik-narik untuk kembali di baca.
    Akhir kata, semoga saya beruntung!

    ReplyDelete
  24. Nama : athalia jessica
    Twitter : @jessicaquamarin
    Email : athalia.jessica.kwa@gmail.com

    Yg bikin aku suka sama The Chronicles of Audy series tu :
    * pertama, casing novel yg menarik, dari gambar ilustrasi tokoh, warna coklat covernya, sampai halaman novel dengan plisiran berwarna, itu manis dan eyecatching, kan Minjul..? ^^
    * penulisnya ga diragukan lah karya2nya, siapa pecinta novel lokal yg belom pernah denger nama kak Orizuka..? Ya kecuali newbie banget mungkin..^^
    * ceritanya realisitis, unik, menantang, dan bikin gemes, ya to, Minjul ?
    ga remaja2 banget, tapi ga dewasa banget, ya level mahasiswa kan peralihan ke level dewasa bener..
    * penokohan, setting, plot, sampai alur ceritanya asik buat diikuti, menghanyutkan pembaca karena 'dekat' dengan pembaca..
    bahasa yg digunakan juga simpel & luwes serta lincah, jadi menambah hanyut pembaca dalam kronik hidup si Audy dkk, para tokohnya..

    Aku #TeamRex, karena aku suka laki2 cerdas, dan pembawaan Rex lebih menarik perhatianku..^^

    ReplyDelete
  25. Nama : athalia jessica
    Twitter : @jessicaquamarin
    Email : athalia.jessica.kwa@gmail.com

    Yg bikin aku suka sama The Chronicles of Audy series tu :
    * pertama, casing novel yg menarik, dari gambar ilustrasi tokoh, warna coklat covernya, sampai halaman novel dengan plisiran berwarna, itu manis dan eyecatching, kan Minjul..? ^^
    * penulisnya ga diragukan lah karya2nya, siapa pecinta novel lokal yg belom pernah denger nama kak Orizuka..? Ya kecuali newbie banget mungkin..^^
    * ceritanya realisitis, unik, menantang, dan bikin gemes, ya to, Minjul ?
    ga remaja2 banget, tapi ga dewasa banget, ya level mahasiswa kan peralihan ke level dewasa bener..
    * penokohan, setting, plot, sampai alur ceritanya asik buat diikuti, menghanyutkan pembaca karena 'dekat' dengan pembaca..
    bahasa yg digunakan juga simpel & luwes serta lincah, jadi menambah hanyut pembaca dalam kronik hidup si Audy dkk, para tokohnya..

    Aku #TeamRex, karena aku suka laki2 cerdas, dan pembawaan Rex lebih menarik perhatianku..^^

    ReplyDelete
  26. Nama: Muhammad Ichsan
    Twitter: @ichsan_kaira
    Email: Ichsan.aliyyah@gmail.com

    Di dalam cerita The Chronicles of Audy series itu membuatku jatuh hati sama buku ini dimana banyak karakter menarik dan membuatnya pembacanya masuk ke dalam ceritanya tidak hanya itu saja cover yang disetiap bukunya selalu berbeda-beda ini membuatku kepincut dengan buku ini.

    Cerita dari Audy yang membuatku tertarik dengan kehidupannya banyak bumbu asmara dari cowok-cowok yang ingin merebut hatinya.

    Sifat Rex yang pendingin banget, tapi selalu memperhatikan penampilannya ini membuat banyak wanita yang memendam rasa dan jatuh hati dengan dia, Sedangkan Sifat Romeo yang jorok ini membuat para wanita tidak banyak mendekatinya.

    Jadi diantara aku harus memilih dua sifat dan dua karakter ini aku lebih memilih #TeamRex.

    ReplyDelete
  27. Nama : athalia jessica
    Twitter : @jessicaquamarin
    Email : athalia.jessica.kwa@gmail.com

    Yg bikin aku suka sama The Chronicles of Audy series tu :
    * pertama, casing novel yg menarik, dari gambar ilustrasi tokoh, warna coklat covernya, sampai halaman novel dengan plisiran berwarna, itu manis dan eyecatching, kan Minjul..? ^^
    * penulisnya ga diragukan lah karya2nya, siapa pecinta novel lokal yg belom pernah denger nama kak Orizuka..? Ya kecuali newbie banget mungkin..^^
    * ceritanya realisitis, unik, menantang, dan bikin gemes, ya to, Minjul ?
    ga remaja2 banget, tapi ga dewasa banget, ya level mahasiswa kan peralihan ke level dewasa bener..
    * penokohan, setting, plot, sampai alur ceritanya asik buat diikuti, menghanyutkan pembaca karena 'dekat' dengan pembaca..
    bahasa yg digunakan juga simpel & luwes serta lincah, jadi menambah hanyut pembaca dalam kronik hidup si Audy dkk, para tokohnya..

    Aku #TeamRex, karena aku suka laki2 cerdas, dan pembawaan Rex lebih menarik perhatianku..^^

    ReplyDelete
  28. Haloo ka, namaku Widya Putri Anjani, terkadang orang orang manggil aku puput yang entah datang darimana. Aku pelajar yang uang sakunya pas pasan, semacam dan senasib kaya audy gituu jadi harus serba ngirit, jadi mau beli novelnya perlu nunggu duit dulu itu juga kalo di tokobukunya belom abis :( mirisss. So, aku mau ikutan give away ini soalnya aku udah terlalu gemes sama lanjutan kisah kronik audy.

    Alasan kenapa aku suka banget sama serial kronik audy?
    Buku ini tuh kaya bumbu yang beneran meresap sampe dalam otak dan perasaan, kalau belum selesai baca terus mau dicuci sama novel apapun tetep ada feel cerita ini yang masih nempel kaya kerak nasi di piring.
    Bahasanya riang, feelnya terlalu dapet, alur yang selalu bikin kepo. Buku ini kaya penyakit diabetes, bisa bikin komplikasi. Kadang buat nangis, ketawa, galau dalam satu buku.
    Audy yang periang tapi miris hidupnya apalagi dengan cintanya bertepuk sebelah tangan dan skripsinya (masih) dalam proses.
    Mas regan, sosok yang sempurna dan perhatian tapi ternyata udah ada yang punya.
    Romeo yang suka ngeracunin otak adeknya yang belum cukup umur.
    Rex yang misterius tapi jadi cowo impian semua cewe *0*
    Terakhir, Rafael adik terkecil yang kadang umurnya diragukan dan selalu bikin gemes.
    Aku suka cara ka Orizuka menjelaskan dan menyampaikan karakter tokoh satu persatu tapi ga bikin bingung.

    Pokoknya cerita ini bikin gregetan dan selalu pengen liat lanjutannya.

    widyaputri09@gmail.com

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. @deasyds
    ddirgantaris(at)gmail(dot)com

    Audy series itu paket lengkap, itu kenapa aku suka banget sama series ini. Romance dapet, kisah keluarga bahkan brotherhood-nya ada, kisah persahabatnya juga, drama sama ibu-ibu. Kayak ini tuh kronik semua umur, dari masalah orang dewasa sampai masalah anak TK ada aja lewat Audy sebagai perantaranya. Kak Orizuka berhasil banget bikin karakter yang loveable. Rasa-rasanya kayak cerita keluarga-keluarga luar negeri gitu tapi cita rasa lokal. Aku bisa nangis, ketawa, bilang "iiiiih, apasih!", "aaaaak, so sweet", "lucu banget!" berulang-ulang kali. Suka. Suka. Suka.
    Terus juga, aku suka cara Kak Orizuka mengakhiri setiap novelnya. Kayak baca satu gak cukup, tapi bisa sabar aja karena menggalnya pun gak gantung banget. Suka deh pokoknya.

    Btw, aku #TeamRex karena dia hebat yha kerja dari rumah, asik-asik, diam-diam menghanyutkan. Semoga Rex sukses kerjaannya terus bisa menghidupi rumah tangga kami (lha) (ngarep).

    ReplyDelete
  31. @LiebeIs0503
    triindah.permatasari@yahoo.co.id

    Novel simple yang menguak masalah kehidupan pribadi seorang Audy yang mungkin juga ada yang mengalami kisah yang sama sepertinya?
    Novel yang mampu membuat para pembacanya kesemsem sama para tokoh, novel yang membuat karakter para tokoh begitu kuat hingga mereka terasa begitu hidup dan di nantikan kehadirannya (berharap bertemu Romeo).

    Novel yang mengungkap kisah-kisah kehidupan yang kadang membuat kita sadar akan beberapa hal yang mungkin di anggap sepele. yang mungkin itu terjadi didunia kita tapi kita abaikan. ya salah satunya Rafael, buat kita yang punya adik minimal keponakan, kadang kita ngak sadar kan ngajari mereka hal-hal yang kita suka tanpa kita pikir apakah itu pantas buat mereka? (aku juga gitu sama keponakan, suka ngeliatan mereka video Super Junior alhasil mereka suka nyanyi2 Hei mamacita naega ayayayaya atau lagu exo naega wolf naega wolf awoo?? bahkan kalau melihat serigala ditanya apa langsung bilang naega wolf awoo.. no!! itu artinya aku serigala? keponakanku bukan serigala!! dan aku mengajari mereka hal normal yang patut diajarkan haha. thank's audy. simple tapi membantu banget!!)

    Dan. Hubungan keluarga itu penting, terlalu sibuk dengan diri sendiri itu egois! hargai dan jaga anggota keluarga yang kita miliki^^ saling peduli dan sayangi mereka, dan kupikir tidak masalah jika sesama saudara kita sering mengadakan season curhat bareng ya? buat saling terbuka satu sama lain. nyimpen masalah itu buruk buat kesehatan dan mental loh.

    Terakhir, percikan-percikan kisah kehidupannya yang menarik, hal-hal simple yang romantis, sesuatu yang membuat tertawa, sedih, semua campur aduk.

    oh ya, buat yang lagi ngurus skripsi jangan sampai berharap kehidupan kalian memiliki kronik seperti Audy ya, berharap tertimpa musibah dan ketemu 4R, hehe. lanjutin skripsinya, enjoy saja ^^ Semangat buat Audy!!

    kak orizuka benar-benar membuat saya ngefans sama 4R1A bahkan rasanya ingin membeli semua bukunya buat bisa ngumpuli bookmarksnya lengkap T.T bisakah Audy 4 nanti dalam 1 buku ada 5 bookmarks? please!!

    #TeamRex, karena aku berharap Audy bersama Rex dan Romeo untukku. Sorry,

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. nama: Ainun Marhamah
    twitter: @ainunmarhamah
    email: aynunmarhamah@yahoo.com

    pertama-tama.... aku orgnya ga puitis, jadi aku gabisa mengungkapkan kenapa aku suka kronik audy ini dgn kata kata tinggi yg justru bikin pusing (?) jadi aku bakal jelasin apa adanya aja deh #eh
    alasannya simple aja.. audy itu rada rada bego dan telat mikir, eh ketemu 4R yang... susah diungkapkan dgn kata kata. awalnya aku tahu novel ini dr suatu akun penjualan novel online, dan banyak yg nanya harganya, makanya jadi mikir "ini novel sebagus apasih? jangan jangan bagus dr cover doang gataunya isinya blank" (ini serius -_- karena udh berkali2 ketipu sm cover eh trnyta isinya.. :"))
    jadilah saat itu, karena penasaran, aku cari resensinya digoogle, dan ternyata banyak bgt yg kasih 4 bahkan 5 bintang huaaa!!! dan kebeulan jg udah pernah baca salah satu novel orizuka sebelumnya.
    dan aku pun beli novel ini, padahal ada banyak novel yg udh masuk wishlist sejak berbulan2 lalu, dan sekali baca resensi novel the chronicles of audy, langsung dibeli.
    kalo gasalah, nyelesain 4R dan 21 dalam 4 hari, itupun terhambat karena ditengah2 ujian mid semeter -_- nekat ya?:") kalo ga mid mungkin sehari selesai ._.
    dan ceritanya menggemaskaaannn!!! u,u aku suka bgt sama romeo di 4R, dan suka sama rex di 21._. dan rafael, ah gaabis pikir ada anak kaya gitu, intinya aku suka romeo! HIDUP ROMEO!!!!
    pokoknya novel ini out of box banget deh hehe biasanya aku baca novel yg metropop gt kaya aliazalea sm ilana tan, aku kurang suka kalo bahasanya gaul gt kaya teenlit. sempet ngira novel ini teenlit masa -_-
    tapi intinya novel ini bagusssss :"""") bikin greget karena tingkah laku rafael dan rex yang rasanya pgn diulek ulek(?) dan kesel sama regan yg suka ksh perhatian lebih sama audy tapi ternyata dia udah punya pasangan :")
    Dan aku juga masih menanti nanti suatu waktu dimana rafael kembali normal (re: bertingkah seperti anak seumurannya), galupa juga tentang regan yang mau nikah :")
    dannn pastinya aku #TEAMROMEO HIDUP ROMEO!!! HIDUUP. meskipun dia jorok dan ketombean dan lain lain, gapapadeh yg penting dia tetep ganteng dan apa adanya :")
    oh ya, sebenernya aku iseng iseng aja ikut GA ini hehe, karena aku udah ngumpulin duit untuk beli 4/4, tapi sekiranya kalo menang.. alhamdulillah. wish me luck!xoxo

    ReplyDelete
  34. Esa Khairina H.
    @Eshaawn
    helloecha@gmail.com

    Awalnya saya biasa-biasa aja sama 4R, tapi begitu di tengah-tengah cerita, kok jadi adiktif ya? Hehehe. Saya suka sama Chronicles of Audy ini karena ceritanya realistis dengan sentuhan humor dan surprise-surprise yang nggak biasa. Contohnya, waktu Romeo ngaku ke Audy kalau dia nggak keramas karena alergi sampo. Moment of surprise, yo. Juga cerita Audy yang tetap pindah karena Maura sadar dari komanya, di akhir 21. Itu realistis banget, sama sekali bukan ending yang dipaksakan. Tidak menye-menye tapi tetap manis. Ringan, namun berkesan. Semua karakter punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, meski terkadang saya merasa tokoh Audy sendiri agak-agak Mary Sue. Mereka semua punya peran penting; alasan kenapa mereka ada di suatu skenario; nggak sekadar jadi figuran.

    Plotnya progresif, nggak stagnan, dan ceritanya nggak repetitif. Baik plot dan karakter sama-sama berkembang. Nggak melulu senang dan nggak terus-menerus sedih. Setiap chapter-nya terasa fresh, tapi juga akrab. Saya nggak kehilangan track dari cerita, mengalir sekali. Bahasanya pun lincah, gaul, berhasil menyampaikan emosi ke pembaca. Kalau kata kamus pergaulan zaman sekarang: kekinian. :)

    Saya suka 4R, baik itu Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Kayak yang saya bilang sih, mereka punya flaws dan kelebihannya sendiri-sendiri. Sejujurnya saya lebih suka (cowok-cowok tipe) Rex, tapi kalau ditanya siapa yang lebih cocok sama Audy, maka jawabannya adalah Romeo. Jadi saya #TeamRomeo deh:p

    ReplyDelete
  35. Karya-karya kak Orizuka memang tak pernah mengecewakan para pembacanya. Karyanya selalu asyik dibaca dalam sekali duduk. Saya ingat, saya hanya butuh waktu 5 jam untuk membaca buku The Chronicles of Audy : 21. Ada banyak hal yang saya sukai dari seri ini. Yang kebanyakan menceritakan tentang kronik seorang Audy Nagisa dalam menghadapi 4R. Selain karakter mereka yang terasa hidup, saya menyukai kegiatan ‘keluarga’ yang disajikan oleh penulis. Banyak sekali sisi positif yang saya dapat dari buku ini. Meskipun unsur romance-nya sedikit namun di sepanjang cerita dalam novel ini penulis menyuguhkan pesan moral yang patut untuk direnungkan. Seperti misalnya bahwa keluarga tidak menyerah satu sama lain. Bagaimana Audy mengubah kepribadian Rafael, lalu mengajari Romeo untuk mengubah sifatnya yang tidak mau mandi terlebih mencuci rambutnya membuat konflik dari buku ini semakin bervariasi. Penggunaan kata-kata kak Orizuka yang ringan membuat saya tidak bosan untuk membalikkan halaman demi halaman sampai saya lupa waktu :D Saya selalu gemas dengan sikap Audy yang terkesan cuek padahal ia sendiri ingin meminta kejelasan. Jadi menurut saya sendiri (karena beda orang, beda tipe juga) novel yang menarik itu yang mampu memberikan banyak sisi positif, pengetahuan baru, pesan moral yang harusnya direnungkan dan pelajaran hidup kepada para pembacanya. Tidak sekedar menunjukkan kelihaian menulis atau keindahan cerita yang disuguhkan saja. Seperti novel ini misalnya. #TeamRex

    Nama : Rina Eko Wati
    Twitter : @HikariMio
    Email : rinaeko87@gmail.com

    ReplyDelete
  36. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com

    Berhubung aku belum pernah baca seri Audy ini, aku penasaran :D spertinya si Audy seru :D

    ReplyDelete
  37. Nama : Renata Claudia
    Twitter : @RenataClaudia__
    E-mail : Renataclaudia1105@yahoo.com

    Awalnya tau buku Audy yang 4R tuh dikasih tau dan dipinjemin sama sahabat. And I was so deep fell in love with it ,kenapa? karena alurnya beda dari novel remaja kebanyakan yang kalo ngga over mellow ya over alay. Trus suka banget penggambaran watak tiap tiap tokoh yang unique lah sampe sampe kalo ada orang yang baca buku itu mereka ngga akan lupa sama sifat sifat masing-masing tokoh.
    Trus pas novel kedua yang 21 udah rilis lagi lagi dipinjemin temen dan unexpected things happen, rex-audy yang love-hate relationship itu lucu banget....
    Dan sekarang berharap bisa punya buku yang ketiga. Hehe

    ReplyDelete
  38. Regina Michelle Fabiola
    MichelleFabiola
    reginafabiola@yahoo.com

    Yang bikin suka sama cerita audy itu karena cara penyampaian ceritany bagus banget waktu baca 4r sama 21 sampe ga liat waktu dan langsung habis sekali baca dan ceritanya itu enak tentang konflik keluarga yg biasa sering terjadi bedanya si 4r ke 4 itu pinter banget walaupun masi kecil dan ud ngerti masalah org dewasa dan tentang percintaan, skripsi dan lainnya
    Novel ini juga banyak bgt moralnya jadi waktu baca bisa sekalian belajar tentang kehidupan audy dan 4r
    Dan novelnya pun termasuk bacaan ringan dan banyak humornya jadi waktu lagi santai nunggu bis enak untuk di baca, pokokny novel ini top banget
    Walaupun konflikny ringan tapi tidak pernah membosankan dan mudah juga untuk dimengerti apalagi bulan terbit audy 4/4 merupakan bulan lahirku
    Hhehe

    ReplyDelete
  39. Rizqa nurul hidayanti/ @nurul_rizqa/ rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id

    Aku suka serial ini karena kesan yg ditimbulkan adalah "sederhana tapi sangat membekas dalam ingatan". Tidak byk novel yang seperti ini, yg sangat membekas dlm ingatan pembaca. Kak ori menyuguhkan cerita dengan alur sederhana, sesuai nalar, tidak berlebihan, tidak neko-neko menjadi sebuah cerita yg memiliki alur menarik dan interaksi antar tokoh yg tdk berlebihan tp enak dinikmati tanpa tahu akhirnya bagaimana.... cerita yg kental dgn tema kekeluargaan merupakan nilai plus novel ini, aku selalu menikmati karya kak ori yg berbau keluarga kayak gini, entah kenapa ngena banget dan membekas. Satu yang pasti sekali kamu membaca kalimat pertama dalam novel ini, kamu tak akan bisa berhenti untuk membacanya. Bumbu romance yg diselipkan dalam novel ini (walau sedikit) terasa pas dan dibuat gemas. Dari awal aku suka audy rex jadi aku termasuk #TeamRex.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Twitter: @Anny_Tears
    Email: annytears.at@gmail.com

    Aku suka kronik Audy karena ceritanya ga ngebosenin, baca berkali-kali meski dah tau jalan ceritanya tetep dibuat hanyut sama kisah Audy dan 4R.

    Ceritanya juga ga monoton, perasaanku diaduk-aduk, kadang ketawa, ga lama kemudian galau sampe keluar airmata :3

    Kisah Audy yang mandiri juga ngingetin perjuanganku waktu SMA, sekolah pake biaya sendiri (abis pulang sekolah kerja jagain anak orang).

    Dan Rafael... gilaa... aku ga bisa move on dari nih bocah satu. apalagi kalo dia manggil AU :3 gemesiiin, pengen gigit #ehh?

    3R lainnya juga punya inerbeauty(?) sendiri, apalagi Rex, iyah... aku salah satu #TeamRex
    Nih anak satu bener-bener brondong jagung, manis-manis-asin :3

    Rex... Au padamu :*

    ReplyDelete
  43. Twitter: @dianayu_ar
    Email: aredian.ad@gmail.com

    Awalnya, yah, karena di buku banyak cowok-cowok uniknya. Aku pikir selisih usia empat bersaudara itu masing-masing cuma satu-dua tahunan. Bisa jadi keluarga mereka produktif. Pada awalnya aku mikir begitu, tapi ternyata 4R seperti itu. Nyatanya, kak Orizuka mampu menggambarkan karakter tokoh dengan baik. Setiap tokoh punya tugasnya masing-masing.

    Selain itu, suka pada akhirnya aku menemukan novel remaja yang mengusung genre keluarga dan persaudaraan. Istilah 4R maupun 4R1A dan bapernya Audy bener-bener menegaskan genre novel remaja ini juga kuat di bagian family, bukan romance. Walaupun memang ada kisah cinta di dalamnya, tapi tetap ada unsur kekeluargaannya.

    Novel ini bisa bikin ketawa, tersipu, terus mendadak terharu oleh adegan sesederhana Rafael minta maaf ke Rex di rumah sakit. Bisa bikin baper juga waktu Audy harus pindah. Juga bikin penasaran, gimana kelanjutan hubungan 4R1A itu setelah Audy pindah dan Regan menikah.

    Ah. Soal karakter novel, aku rada suka yang dingin-dingin gitu buat tokoh utama yang kayak Audy, jadi #TeamRex

    ReplyDelete